Minggu, 30 Maret 2014

5 Langkah Jaga Kesehatan Tulang

310px-human_skeleton_frontsvg-770680

TEMPO.CO, Jakarta - Seiring bertambahnya usia, ketahanan dan kesehatan tulang akan berubah. Sebelum terjadi perubahan tulang yang negatif, tak ada salahnya untuk menjaga kesehatan tulang sedari dini agar kekuatannya tetap terjaga.
Dikutip dari situs Female First, Kamis, 17 Oktober 2013, ada lima langkah yang bisa dilakukan dari sekarang agar tulang tetap sehat saat usia tua. Berikut ini perinciannya.
1. Aktif Bergerak
Aktivitas ringan seperti berjalan, berlari, senam, atau menari bisa membantu tulang tumbuh lebih kuat. Dengan aktif bergerak, keseimbangan dan koordinasi tubuh juga akan lebih baik. Kekuatan otot akan bertambah dan bisa bantu melindungi tulang dari cedera.
2. Perbanyak Konsumsi Vitamin D
Vitamin D dipercaya membantu tubuh untuk menyerap kalsium yang didapat dari cahaya matahari. Cara ini bagus untuk lansia, wanita hamil dan menyusui, serta berlaku juga untuk semua orang. Kombinasi vitamin D dan kalsium dapat membantu mengurangi kerusakan tulang pinggul yang rentan menyerang saat lansia.
3. Konsumsi Makanan Sehat
Makanan yang banyak mengandung kalsium dapat membantu tubuh mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tulang. Bahan makanan seperti daging, ikan, telur, sayuran hijau, dan susu diyakini baik untuk kesehatan tulang.
4. Kurangi Cedera
Hal ini penting terutama bagi lansia yang kekuatan tulangnya semakin berkurang. Kunjungi fisioterapis untuk melatih koordinasi keseimbangan tubuh. Selain itu, tak salah jika memeriksa kondisi mata, khususnya pada lansia yang sudah mulai rabun, agar jarak pandang dalam beraktivitas lebih optimal.
5. Kurangi Alkohol dan Rokok
Terlalu banyak minum minuman beralkohol dapat merusak tulang dan meningkatkan risiko patah tulang. Kondisi mabuk akibat alkohol juga memperbesar risiko terjatuh yang mengakibatkan patah tulang.
Merokok juga berdampak buruk pada kesehatan tulang. Rokok memiliki racun yang berpengaruh pada kesehatan tulang dan bisa menghentikan kerja sel saat mengkonstruksi tulang.
Berbagai macam Kemasan produk Herbal  bisa anda dapatkan di link berikut:
http://www.etalasemuslim.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar